Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Bergas Kidul 01 Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015

Main Author: Saputra, Soffian Ari
Other Authors: Sumiyarso
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15957
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang disebabkan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga perlu menggunakan model pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dengan langkah perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Negeri Bergas Kidul 01 Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa terjadi secara bertahap. Pada kondisi awal terdapat 9 siswa (26%) yang tuntas, siklus 1 terdapat 30 siswa (80,77%) yang tuntas, dan siklus 2 terdapat 35 siswa (100%) yang tuntas. Dapat disimpukan bahwa penggunaan model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD Negeri Bergas Kidul 01 Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. Saran untuk guru agar dapat mengembangkan model pembelajaran Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam mengajar dan dapat memberi manfaat pada pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.