Pengaruh Pendekatan Saintifik Melalui Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa Kelas 5 SDN Gundih Gugusan Kihajar Dewantoro Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015

Main Author: Anthasari, Vera Dwi
Other Authors: Wahyudi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15955
Daftar Isi:
  • Pergantian kurikulum dalam sistem pendidikan menjadikan proses pembelajaran yang diterapkan guru lemah. Tidak jarang proses pembelajaran konvensional masih diterapkan di kelas. Guru hanya mengarahkan siswa untuk mengahafal rumus-rumus praktis, tanpa menanamkan konsep dari mana konsep itu berasal. Terutama pada mata pelajaran matematika, berupa soal cerita matematika. Akibatnya siswa cenderung kurang memahami ketika rumus itu dimasukkan dalam soal cerita matematika. Kurangnya pemahaman dalam soal pemecahan masalah. Pembelajaran pendekatan saintifik melalui model Problem Based Learning menuntut untuk siswa aktif, mampu berpikir kritis dan sistematis untuk menyelesaikan pemecahan masalah. Permasalahan yang dimaksud adalah permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan permasalah tersebut, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui signifikansi pengaruh penggunaan pendekatan saintifik melalui model Problem Based Learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas 5 SD Negeri Gundih gugusan Kihajar Dewantoro Semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. Jenis dan desain penelitian ini, menggunakan jenis penelitian quasy exsperiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas 5 SD Negeri 5 Gundih yang berjumlah 16 siswa sebagai kelompok kelas eksperimen, dan semua siswa kelas 5 SD Negeri 4 Gundih yang berjumlah 15 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik yang digunakan adalah teknik observasi dan tes, menggunakan lembar observasi dan lembar soal. Teknik analisis data diolah dengan bantuan SPSS 16.0 for windows untuk menguji nilai hasil dari kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika digunakan uji t dengan teknik independent sample t test. Berdasarkan hasil penelitian, setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji t menunjukkan t hitung > t tabel, yaitu (2.131>2.052) dan signifikansi 0.042<0.05. Dapat juga dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 78,80 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 69,64. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan pendekatan saintifik melalui model Problem Based Learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Disarankan guru dapat menerapkan pendekatan saintifik melalui model Problem Based Learning sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang bermakna terhadap penyelesaian masalah berupa soal cerita matematika.