Efektifitas Model Pembelajaran Examples Non Examples dan Model Pembelajaran Picture and Picture Ditinjau dari Hasil Belajar IPA Kelas 5 Sekolah Dasar Semester 2 Tahun Ajaran 2014/2015

Main Author: Elsari, Ratri Rahayuni Nur
Other Authors: Susiyanto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15944
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan efektifitas yang signifikan antara model pembelajaran Examples Non Examples dan model pembelajaran Picture and Picture ditinjau dari hasil belajar IPA. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri Plumbon 01 dan SD Negeri Plumbon 02 semester 2 tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t sebagai uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan efektifitas antara model pembelajaran Examples Non Examples dan model pembelajaran Picture and Picture ditinjau dari hasil belajar IPA kelas 5 Sekolah Dasar 2 tahun ajaran 2014/2015. Hal ini terbukti dari hasil t-test, t hitung sebesar 0,652 . Jika dk = 60, maka α = 2,000 (lihat pada t tabel) . Jadi, -2,000 < 0,652 < 2,000, artinya H0 diterima dan Ha ditolak. Sig. (2-tailed) dengan probabilitas signifikan (> 0,05) yaitu 0,517 dan perbedaan berkisar antara -3,469 sampai 6,823 (lower-upper).