Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD Negri Kesongoii Kec.Tuntang Kab.Semarang Tahun Ajaran 2014/2015

Main Author: Pratiwi, Wulan
Other Authors: Soesilo, Tritjahjo Danny
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15933
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Make A Match terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 4 SD Negeri Kesongo 2 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang semester II tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi experimen dengan design Pretest-Postest Control Desingn. Objek penelitian adalah siswa kelas 4 SD Negeri Kesongo 02. Tehnik penelitian ini dengan menggunakn statistik deskriptif dengan menggunakan taraf signifikansi 5 % (α = 0,05). Hasil Penelitian, diperoleh hasil belajar pada kelas eksperimen 90,02dan dan kelas kontrol 72,48 dengan uji ANOVA menunjukkan taraf signifikansi 0,001 < 0,05 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Maka dapat disimpulkan model Make A Match memberi pengaruh yang positif dan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 4 SD Negeri Kesongo 2 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang.