Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Audio Visual pada Peserta Didik Kelas 5 SDN Cukil 01 Tengaran Semarang Semester 2 Tahun Ajaran 2014/2015
Main Author: | Puspita, Ratna |
---|---|
Other Authors: | Harjono, Nyoto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15932 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitiannya adalah quasi eksperimental design. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas X PM-1 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran CPS dan X PM-2 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model konvensional. Penelitian ini menggunakan uji beda rerata untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran CPS terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan uji beda rerata pada kemapuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan uji t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,040 < 0,05 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Berdasarkan hasil dari uji beda rerata tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X PM-1 dengan siswa X PM-2, sehingga model pembelajaran CPS berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan siswa kelas X PM-1 SMK Diponegoro Salatiga. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CPS berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X PM-1 SMK Diponegoro Salatiga.