Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Discovery Di SDN Mangunsari 05 Kec Sidomukti Salatiga Tahun 2013/2014
Main Author: | Ariyanie |
---|---|
Other Authors: | Sulistari, Entri |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15905 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SDN,disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran yang dilakukan guru masih dengan ceramah, atau bercerita dan tidak menyesuaikan dengan karakteristik siswa sehingga pembelajarran menjadi kurang bermakna bagi siswa. rumusan masalah “Apakah penggunaan Metode Discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa” tentang materi Daur air pada siswa kelas 5 SDN Manguunsari 5. Tujuan yang akan dicapai yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SDN Mangunsari Salatiga Semester 2/2013-2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Mangunsari Salatiga Semester 2 yang terdiri dari 27 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi, wawancara, demonstrasi dan tes tertulis. Teknik analisis menggunakan deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai pra siklus, siklus I dan siklus II.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran discovery. Hal ini terbukti pada ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil belajar pra siklus hanya 7 siswa (26%) yang tuntas dan 20 siswa (74%) yang belum tuntas, pada silkus I terjadi peningkatan yaitu 18 siswa (67%) yang tuntas dan 9 siswa (33%) yang belum tuntas kemudian pada siklus II terjadi peningkatan lagi sebanyak 27 siswa (100%) tuntas. Berdasarkan penelitian diharapkan guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan metode discovery dalam pembelajaran IPA agar hasil belajar siswa meningkat.