Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples Pada Siswa Kelas 5 SDN Kutowinangun 05 Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: Purnamasari, Nita
Other Authors: Suroso
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15903
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa, karena kurangnya ketertarikan siswa untuk mengikuti pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, dikarenakan guru masih menggunakan model pembelajaran yang tidak bervariasi, dan masih menggunakan model pembelajaran yang lama (Konvensional) sehingga pembelajaran terkesan berpusat pada guru. Sehingga peneliti merumuskan masalah apakah penerapan Pair Cheks dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa dan bagaimana penerapan pembelajaran Pair Cheks dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SD Negeri Randuacir 02 Salatiga Semester II tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan permasalahan dan rumusan masalah yang ada maka peneliti mempunyai tujuan yang akan dicapai yaitu untuk manaan model pembelajaran Pair Cheks pada siswa kelas kelas 5 dengan Penerapan Pembelajaraan Pair Cheks SD Negeri Randuacir 02 Salatiga semester II tahun pelajaran 2013/2014. Peneltian ini merupakan penelitian tidakan kelas (PTK) yaitu dengan penerapan pembelajaran Pair Cheks untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, Setiap siklus dilakukan tiga dalam kali pertemuan. Teknik pengumpulan data mengunakan tes dan observasi. Dimana tes yang dilakukan bertujuan untuk mengukur hasil belajar siswa dari pembelajaran yang talah diadakan. Sedangkan observasi bertujuan untuk mengukur tingkat kemajuan kegitan siswa dalam pembelajaran. Hasil yang diperoleh dalam penelitian dengan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Cheks adalah terjadi peningkatan pemahaman yang ditandai dengan ketuntasan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut terjadi secara bertahap, dimana pada kondisi awal hanya terdapat 13 siswa (46%) yang telah tuntas, pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 20 siswa (71%) yang telah tuntas, dan pada siklus 2, diketahui bahwa 26 (93%) siswa berhasil tuntas dalam belajarnya. Jadi dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Cheks dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas 5 SD Negeri Randuacir 02 Kecamatan Argomulyo Salatiga Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014. Penggunaan pembelajaran koopertif Pair Cheks terbuktif efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SD Negeri Randuacir 02 Salatiga, dengan demikian pembelajaran ini disarankan untuk dikembangkan dan diaplikasi guna meningkatkan hasil belajar siswa.