Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Pendekatan Scientific Dengan Model Examples Non Examples Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Danyang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015

Main Author: Tiwan, Candra Krismita
Other Authors: Sanoto, Herry
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15901
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui pendekatan Scientific dengan model Examples Non Examples pada siswa kelas V SD Negeri 2 Danyang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan semester I tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan model dari Kemmis dan Mc Taggart dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan yang dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri 2 Danyang yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil belajar prasiklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan, ada 15 siswa (56%) tuntas dan 12 siswa (44%) belum tuntas dengan rerata 70. Pada siklus I, siswa yang tuntas menjadi 20 siswa (74%), siswa yang belum tuntas menjadi 7 siswa (26%) dengan rerata 80. Pada siklus II siswa yang tuntas menjadi 23 siswa (85%), siswa yang belum tuntas menjadi 4 siswa (15%) dengan rerata 89. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Scientific dengan model Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 2 Danyang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan semester I tahun pelajaran 2014/2015. Saran dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model pendekatan Scientific dengan model Examples Non Examples dapat digunakan sebagai alternatif dalam kegiatan belajar mengajar.