Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran SAVI pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 3 di SD Kristen Karmel 02 Thekelan Kec. Getasan Kab. Semarang Semester II Tahun Ajaran 2014/2015
Main Author: | Setyawan, Deny |
---|---|
Other Authors: | Pirenomulyo, Philipus, Stefanus C.R. |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15895 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang dilaksanakan dalam kelas hanya bersifat penyampaian materi dengan ceramah serta hanya pembahasan soal-soal, pembelajaran dalam kelas membosankan, siswa kurang tertarik mengikuti pembelajaran, kurang memahami materi pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa rendah, karena kebanyakan nilai siswa masih di bawah KKM (72). Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan model SAVI dapat meningkatkan hasil belajar Matematika dan keaktifan siswa kelas 3 SD Kristen Karmel 02 Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini mengacu PTK yang dikembangkan Kemmis & MC Taggart yang menguraikan bahwa tindakan yang digambarkan sebagai suatu proses yang dinamis dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi tindakan. Penelitian ini terdiri dari 2 Siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD Kristen Karmel 02 yang berjumlah 15 siswa, terdiri 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan dengan karakteristik yang heterogen. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Teknik tes berupa soal sedangkan non tes berupa lembar observasi. Langkah-langkah model SAVI menyampaikan tujuan dan memotivasi, menyampaikan materi pelajaran, mengorganisasikan ke dalam kelompok, membimbing melakukan diskusi, memberikan kesempatan untuk menyampaikan hasil diskusi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dilihat pada kondisi awal (prasiklus), nilai rata-rata 59,86 pada Siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 65,86 dan pada Siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 75,33. Pada kondisi awal siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa, pembelajaran Siklus I siswa yang tuntas mulai mengalami peningkatan yakni 8 siswa, dan pada pembelajaran Siklus II meningkat sebanyak 12 siswa tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model SAVI dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas 3 SD Kristen Karmel 02.