Upaya Meningkatkan Hasil Belajar ipa Metode Problem Solving pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Trayu Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015

Main Author: Yulimintiarsih, Angelina Arinda Kuntari
Other Authors: Herry Sanoto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15894
Daftar Isi:
  • Latar belakang maslah dalam penelitian ini adalah (1) hasil belajar IPA siswa dibwah KKM (2) dalam pembelajaran masih konvensional dan belum menggunakan metode yang tepat. Sehingga peneliti merumuskan maslah yaitu “Apakah Melalui Metode Problem Solving dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Trayu Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. Berdasarkan permasalahan dan rumusan masalah yang ada maka peneliti mempunyai tujuan yang akan dicapai yaitu meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SD Negeri Trayu Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas 5 SD Negeri Trayu dan kolega peneliti. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri Trayu yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus 1 terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, observasi, tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai formatif tes pra siklus, nilai tes setelah siklus 1, dan nilai tes setelah siklus 2.