Upaya Meningkatkan Hasil Belajar ipa Metode Problem Solving pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Trayu Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015
Main Author: | Yulimintiarsih, Angelina Arinda Kuntari |
---|---|
Other Authors: | Herry Sanoto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15894 |
Daftar Isi:
- Latar belakang maslah dalam penelitian ini adalah (1) hasil belajar IPA siswa dibwah KKM (2) dalam pembelajaran masih konvensional dan belum menggunakan metode yang tepat. Sehingga peneliti merumuskan maslah yaitu “Apakah Melalui Metode Problem Solving dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Trayu Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. Berdasarkan permasalahan dan rumusan masalah yang ada maka peneliti mempunyai tujuan yang akan dicapai yaitu meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SD Negeri Trayu Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas 5 SD Negeri Trayu dan kolega peneliti. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri Trayu yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus 1 terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, observasi, tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai formatif tes pra siklus, nilai tes setelah siklus 1, dan nilai tes setelah siklus 2.