Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Realia pada Siswa Kelas 4 SDN Kemetul Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014 Semester 02
Main Author: | Nugroho, David Adi |
---|---|
Other Authors: | Wasitohadi, Sanoto, Herry |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15893 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran IPA, guru belum menggunakan pendekatan siswa aktif. Guru masih dominan menggunakan metode ceramah dan kurang dalam penggunaan alat peraga sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Akibatnya, hasil belajar siswa kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Kemetul tahun pelajaran 2013/2014 melalui penggunaan model kooperatif tipe STAD berbantuan media realia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dengan tahapan (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan dan pengamatan, dan (3) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Kemetul yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis ketuntasan dan analisis komparatif hasil belajar. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media realia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata kelas meningkat dari 74,75 pada Pra Siklus, 78,75 pada Siklus I dan 83,7 pada Siklus II. Persentase ketuntasan juga meningkat dari 9 siswa (56,2%) pada Pra Siklus, pada Siklus I menjadi 13 siswa (81,25%), pada Siklus II meningkat menjadi 15 siswa (93,25%). Langkah-langkah penggunaa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan medi realia yang terbukti dapat meningkatkan hasil belajar adalah: (a) guru menyampaikan materi (b) siswa membentuk kelompok belajar (c) Siswa mengerjakan kuis bedasarkan materi yang disampaikanm guru (d) guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang mendapat skor kuis terbanyak.