Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas 4 SDN Salatiga 03 Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017
Main Author: | Suan, Yosep |
---|---|
Other Authors: | Setyorini |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15892 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas.
- Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar IPS dapat diupayakan melalui model pembelajaran Think Pairs Share TPS siswa kelas 4 SD Negeri Salatiga 03 semester II tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK adalah model spiral dari C. Kemis dan Mc. Taggart dengan 2 siklus. Setiap siklus memiliki tiga langkah yaitu langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Masing-masing siklus didesain dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SD Negeri Salatiga 03 sebanyak 35 siswa, yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Variable penelitian ini berupa model pembelajaran Think Pairs Share TPS dan hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan teknik nontes, dengan instrument penelitian berupa butir soal dan lembar observasi yang dilengkapi dengan rubrik pengukuran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif yaitu teknik analisis yang digunakan untuk membandingkan hasil belajar IPS berdasarkan ketuntasan skor minimal, skor maksimal, dan skor rata-rata antara siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil brlajar IPS dengan KD 2.2 Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan KD 2.3 Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya melalui model Think Pairs Share TPS siswa kelas 4 SD Negeri Salatiga 03 semester II tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dengan perbandingan skor hasil belajar IPS berdasarkan ketuntaan belajar pra siklus siklus 1, dan siklus 2 adalah 46%, 80%, 94%, skor minimal dari pra siklus, skilus 1 dan siklus 2 adalah 40, 68, dan 74 dan skor maksimal dari pra siklus,siklus 1 dan siklus 2 adalah 92, 96 dan 100, skor rata-rata pra siklus, siklus 1,dan siklus 2 adalah 73, 85, dan 90 Penelitian ini dinyatakan berhasil ditunjukkan oleh 35 siswa (90%) ≥ 80% dari seluruh siswa yang tuntas seperti ditetapkan oleh indikator kinerja. Saran yang diberikan, diharapkan guru kelas dapat mendesain pembelajaran IPS melalui model Think Pairs Share TPS dan melakukan pengukuran hasil belajar yang terdiri dari pengukuran proses dan pengukuran hasil belajar.