Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa Kelas IV SDN Sidomulyo 04
Main Author: | Hardaniati, Ayu |
---|---|
Other Authors: | Wardani, Naniek Sulistya |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15890 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas.
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar IPS dapat diupayakan melalui pembelajaran berbasis PS-MPTPS siswa kelas IV SDN Sidomulyo 04 Ungaran Semarang semester II tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK yang digunakan yaitu model spiral yang dikemukakan oleh C. Kemmis dan Mc. Taggart (1998). Penelitian dengan menggunakan minimal 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tiga tahapan yaitu tahapan perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 32 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu PS-MPTPS, dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik diskriptif komparatif, artinya teknik analisis data yang dipergunakan untuk membandingkan hasil belajar IPS berdasarkan ketuntasan hasil belajar dengan KKM ≥ 80, skor rata-rata, skor minimum, dan skor maksimum antara siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peningkatan hasil belajar IPS dapat diupayakan melalui PS-MPTPS siswa kelas IV SDN Sidomulyo 04 Ungaran Semarang semester II tahun pelajaran 2016/2017 terbukti. Hal ini terlihat pada perbandingan skor hasil belajar IPS berdasarkan (a.) ketuntasan belajar antara siklus 1 : siklus 2 sebesar 81,25% : 100%, (b.) skor minimum antara siklus 1 dan 2 sebesar 66 : 81, (c.) skor maksimum antara siklus 1 dan 2 sebesar 96,67 : 100, (d.) skor rata-rata antara siklus 1 dan 2 sebesar 84,33 : 88,81. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dikatakan berhasil karena telah mencapai indikator yang ditetapkan, yakni 81,25% ≥ 75% dari seluruh siswa telah mencapai ketuntasan pada siklus 1, dan 100% siswa telah mencapai ketuntasan pada siklus 2 dengan KKM ≥ 80. Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk guru kelas dapat terampil menggunakan PS-MPTPS dalam pembelajaran IPS.