Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Siswa Kelas 4 SD Negeri Ledok 06 Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Purwantoro, Ihsan |
---|---|
Other Authors: | Suroso |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15881 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar Matemetika siswa rendah, interaksi yang terjadi antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa masih belum optimal, siswa kurang focus dalam pembelajaran, kurang aktif dalam berpikir, mudah bosan. Untuk memecahkan masalah ini maka diterapkan Numbered Heads Together. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui penerapan NHT dapat meningkatan hasil belajar Matemetika pada siswa kelas 4 SD Negeri Ledok 06 Salatiga semester II tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar Matemetika dengan menerapkan Numbered Heads Together dan menjelaskan mengapa penerapan Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar Matemetika siswa. Berdasarkan rumusan masalah, hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah diduga dengan penerapan NHT dapat meningkatkan hasil belajar Matemetika dan alasan mengapa penerapan NHT dapat meningkatkan hasil belajar Matemetika diduga karena kelebihan yang ada pada sintaks NHT dapat meningkatkan pemahaman serta berpengaruh terhadap hasil belajar Matemetika siswa kelas 4 SD Negeri Ledok 06 Salatiga semester II tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting) dan pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Negeri Ledok 06 yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Data diperoleh melalui teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Instrumen yang dipakai adalah lembar observasi dan lembar tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis uji ketuntasan dan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar Matemetika dan kelebihan yang ada pada Numbered Heads Together berdampak pada pemahaman siswa yang semakin meningkat serta berpengaruh terhadap hasil belajar Matemetika. Pada pra siklus siswa yang tuntas belajar ada 12 siswa (52,2%) pada siklus I meningkat menjadi 18 (78,3%) siswa dan pada siklus II mencapai 23 (100%) siswa. Dengan demikian hipotesis yang diajukan peneliti telah dapat dibuktikan kebenarannya.