Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan RME (Realistic MathematicsEducation) pada Siswa Kelas V SDN Ngajaran 03 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II Tahun Ajaran 2014/2015
Main Author: | Aprillia, Ernis Eka |
---|---|
Other Authors: | Winanto, Adi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15876 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan Realistics Mathematics Education dalam mata pelajaran Matematika kelas V SD Negeri ngajaran 03, serta menjelaskan penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education dalam pelajaran Matematika yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. PTK ini terdiri dari 2 siklus dengan 2 kali pertemuan setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data adalah dengan lembar observasi proses belajar mengajar di setiap pertemuan, dan tes hasil belajar pada pertemuan ke dua setiap siklusnya. Pembelajaran Matematika dengan menggunakan pendekatan RME dilaksanakan dengan memahami masalah/soal kontekstual, menjelaskan masalah kontekstual, menyelesaikan masalah kontekstual, membandingkan dan mendiskusikan jawaban serta mentimpulkan hasil diskusi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa terhadap pelajaran Matematika.. Pada kondisi awal hasil belajar siswa tuntas KKM 23,8%. Pada siklus 1 hasil belajar siswa yang tuntas KKM menjadi 71,4%. Hasil belajar siswa yang tuntas KKM pada siklus 2 meningkat jumlahnya menjadi 100%. Terjadi peningkatan jumlah siswa yang hasil belajarnya dapat tuntas KKM setiap siklusnya. Dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran RME dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika. Dengan bukti dalam penelitian ini, maka pembelajaran dengan menerapkan pendekatan RME disarankan untuk dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran, dalam upaya memberikan pembelajaran yang bermutu sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa.