Penerapan Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Sraten
Main Author: | ikhsani, Ali |
---|---|
Other Authors: | Prihatnani, Erlina |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15868 |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam Pembelajaran IPA yang disampaikan secara monoton dengan menggunakan strategi yang kurang sesuai dengan materi pelajaran, serta keterbatatasan alat peraga mengakibatkan kurangnya motivasi dan minat belajar siswa, hal ini mengakibatkan hasil belajar yang didapatkan tidak mencapai nilai KKM. Pembelajaran yang berfokus pada guru tanpa adanya proses mengkonstruk pengetahuan oleh siswa sendiri menjadi dasar penelitian dengan menggunakan model make a match sebagai upaya tindak lanjut untuk meningkatkan rendahnya hasil belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusunan rencana pembelajaran yang sesuai dengan sintaks make a match dan KTSP 2006, serta melaksanaan pembelajaran sesuai perencanaan tersebut guna meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD Negeri Sraten Semester I tahun pelajaran 2017/2018. Model make a match diterapkan dalam pembelajaran IPA pada materi bangun ruang. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah model Spiral Kemmis & Mc Taggart dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas IV SD Negeri Sraten yang berjumlah 21 siswa pada semester I tahun pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan pra siklus, siklus 1, siklus 2, serta antar siklus. Hasil penelitian metode Make A Macth dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi struktur tumbuhan dan fungsinya pada siswa kelas IV SD Negeri Sraten 01 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Bukti adanya peningkatan hasil belajar IPA adalah persentase hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebanyak 38%. Pada siklus I persentase siswa yang tuntas sebesar 43% dengan rata-rata 72. Pada siklus II persentase siswa sebesar 81% dengan rata-rata 81.