Pelatihan Model Simulasi untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penyusunan RPP Tematik di SDN Wates 4 Magelang

Main Author: Lasiati
Other Authors: Ismanto, Bambang
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Magister Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
RPP
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15852
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan pelatihan model simulasi pada guru kelas rendah SD Negeri Wates 4 Kota Magelang. Pelatihan Model Simulasi ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam penyusunan RPP Tematik.Subyek penelitian ini adalah guru kelas SD Negeri Wates 4 sebanyak 3 orang. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Sekolah yang dilaksanakan dalam dua siklus.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes unjuk kerja.Teknik analisis data adalah teknik analisis data diskriptip kualitatip.Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelatihan metode simulasi dapat meningkatkan kompetensi guru dalam penyusunan RPP Tematik dari kategori belum tuntas menjadi kategori tuntas. Peningkatan terjadi dalam hal mengembangkan RPP Tematik pada siklus II RPP yang mendapat nilai diatas 80 ( katagori B ) meningkatdari 1dari 3 RPP pada siklus I menjadi 3 dari 3 RPP pada siklus II. Rata-rata skor meningkat dari 75,3 pada siklus I menjadi rata-rata 90,6 pada siklus II. Tidak ada RPP memperoleh skor Cukup (C), 3 RPP mendapat skor 92, 96, dan 95 katagori AB.
  • This study to purpose training simulation model on low grade primary school teacher Wates 4 City of Magelang. Training Simulation Model is expected to increase the competence of teachers in the preparation of the Thematic RPP.The subjects of this study are primary school classroom teachers Wates 4 cm there are 3 people. This research was conducted in the school action two siklus.Teknik collecting data used in this study were interviews, observation, documentation, and tests show kerja.Teknik data analysis is qualitative data analysis techniques diskriptip.The results showed that the training process simulation method can improve the competence of teachers in the preparation of the Thematic RPP unresolved category into a category completely. The increase occurred in terms of developing the RPP Thematic in cycle II RPP who scored above 80 (category B) increated from 1of 3 RPP cycle II . The average score increased from 75.3 in cycle I to an average of 90.6 in cycle II. No RPP scored Enough (C), 3 RPP got a score of 92, 96, and 95 categories of AB.