Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Problem Based Lerning (PBL) pada Siswa Kelas 1 Tahun Pelajaran 2017/2018

Main Author: Hidayah, Nurul
Other Authors: Wasitohadi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15846
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 yang dilakukan hanya berpusat pada guru dan menyebabkan siswa kurang begitu tertarik dan aktif dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini yaitu mendiskripsikan langkah-langkah model pembelajaran PBL dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model spiral Kemmis dan Mc Taggart, melalui terdiri dari 3 tahap yaitu tahap perencanaan, tahapan tindakan dan observasi, dan tahap refleksi dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri Selopajang 01 sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes (observasi). Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif komparatif. Penerapan langkah-langkah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sesuai sintaks dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia. Langkah- langkah tersebut meliputi meliputi orientasi siswa pada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, mendukung investigasi kelompok maupun individual, mengembangkan dan menyajikan artefak dan memamerkannya, menganalisis dan mengevaluasi proses penyelesaian masalah. Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesi. Pada prasiklus ketuntasan hanya 40%, setelah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siklus I ketuntasan meningkat menjadi 68 %, pada siklus II ketuntasan siswa mencapai 92 %. Nilai rata-rata kelas juga mengalami kenaikan dari 61,6 pada prasiklus menjadi 72,2 di siklus I dan pada siklus II menjadi 78,8. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 1 SD Negeri Selopajang 01 semester I tahun pelajaran 2017/2018.