Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi KPK dan FPB Melalui Model Quantum Teaching
Main Author: | Lugina, Dina Ratna |
---|---|
Other Authors: | Hardini, Agustina Tyas Asri |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15813 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran khususnya pada materi KPK dan FPB sehingga hasil belajar masih rendah. Selama ini metode yang digunakan dalam mengajarkan materi KPK dan FPB hanya berupa ceramah dan kemudian mengerjakan soal latihan di buku tugas atau buku LKS yang dimiliki siswa. Hal tersebut dirasa kurang tepat di dalam pembelajaran karena siswa akan merasa bosan. Selain pembelajaran yang monoton, alat peraga/media kurang memadai juga menyebabkan kurang berhasilnya tujuan pembelajaran, hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika yang diperoleh 63% siswa kelas IV SD N Salatiga 09 masih berada dibawah KKM. Dengan kondisi demikian, dilakukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui penelitian yang berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi KPK dan FPB Melalui Model Quantum Teaching Pada Siswa Kelas IV SD N Salatiga 09 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Semester II Tahun Ajaran 2016/2017’’. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada siswa kelas IV SD N Salatiga 09 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga. Subjek penelitian sebanyak 44 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD N Salatiga 09. Pada kondisi awal presentase ketuntasan hasil belajar siswa 63% atau 28 siswa dari jumlah keseluruhan 44 siswa yang nilainya berhasil mencapai KKM yaitu 65, itu berarti terdapat 16 siswa atau 36% siswa yang belum mencapi KKM dengan rata-rata 62,68. Siklus I, presentase ketuntasan 68% dengan rata-rata 72,68. Siklus II, presentase ketuntasan 81% dengan rata-rata 80,82. Dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching terbukti dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi KPK dan FPB siswa kelas IV SD N Salatiga 09 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga.