Pengelolaan Pendidikan Karakter Melalui Ekstra Kurikuler Pramuka Di Sekolah Dasar Negeri Srondol Kulon 01 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang

Main Author: Wirati, Ida Ayu Adi
Other Authors: Sutriyono
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Magister Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15780
Daftar Isi:
  • Tujuan Penelitian ini adalah Untuk (1) mendiskripsikan perencanaan pendidikan karakter dalam kegiatan pramuka Kota Semarang. (2) mendiskripsikan pengorganisasian pendidikan karakter dalam kegiatan pramuka. (3) Untuk mendiskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter dalam kegiatan pramuka. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif dengan desain etnografi. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Sarana dan prasarana yang disediakan berupa bangunan fisik. (2) program kegiatan pramuka dan kemah adalah pembentukan tugas dan tanggung jawab terhadap kegiatan kepramukaan. Pembagian tugas dilaksanaan saat rapat kepala sekolah, beliau selaku penasehat dan dibentuknya ketua gugus depan serta setiap guru menjadi Pembina. (3) Terdapat program kegiatan yang membedakan dengan program sekolah lainnya dalam memberikan atau menanamkan nilai karakter bangsa. Program-program tersebut diantaranya adalah penggalangan dana yang melatih peduli sosial setiap bulannya, pengajian akhir pekan untuk menanamkan sikap religi siswa, juga menyelenggarakan kegiatan bazar buku untuk meningkatkan kemampuan gemar membaca anggota pramuka.
  • The objectives of this research (1) the planning of character education in scouting activities in Semarang City, (2) the organizing of character education in scouting activities, (3) the implementation of character education in scouting activities. Research type of this research is qualitative with ethnography design. The main subject is principal and teacher. The result of the research shows that (1) the facilities and infrastructures are provided in the form of a physical building. (2) The program of scout and camp activity is the establishment of a task and responsibility towards scouting activity. The task division is done in the principal’s meeting, he is a adviser and the establishment of chairman of the group and also each teacher become coach. (3) There is activity program that differentiate with other school program that is in providing or instill character values of the nation. Such programs include fundraising to training the students’ social care which is done every month, weekend recitation to inculcate religious attitudes of students, also organizes book fairs to improve reading habit of scout members.