Evaluasi Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dasar Di Gugus Baskara Sumirat UPTD Pendidikan Kecamatan Tembalang
Main Author: | Isman |
---|---|
Other Authors: | Sutriyono |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Magister Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15760 |
Daftar Isi:
- Isman. 942013110. Evaluasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dasar di Gugus Baskara Sumirat UPTD Pendidikan Kecamatan Tembalang. Tesis. Program Pascasarjana. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. 2015.Tujuan Penelitian adalah (1) Mendiskripsikan prosedur pelaksanaan Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah (2) Mendiskripsikan hal-hal yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah di gugus Baskoro Sumirat UPTD Pendidikan Kecamatan Tembalang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi.Analisis data dilakukan dengan menggunakan dua teknik analisis, yaitu teknik analisis kuantitatif dan teknik analisis kualitatif. Hasil Penelitian adalah (1)Kepala sekolah mempersiapkan instrumen supervisi akademik. Supervisi akademik dilaksanakan pada setiap akhir semester dilakukan secara bergilir dan berurutan dari guru kelas VI hingga guru kelas I, selanjutnya mensupervisi pada guru mapel. langkah-langkahnya dimulai dengan pembuatan insrumen, pemberitahuan informasi pada semua guru tentang pelaksanaan supervisi 1 bulan sebelumnya, penjadwalan, pelaksanaan pada masing-masing guru dengan instrumen penilaian yang sudah dipersiapkan.Kepala sekolah menemui guru dalam pelaksanaan supervisi akademik minimal 2 kali dalam 1 tahap supervisi.(2) Faktor penghambat dalam melaksanakan supervisi akademik Kepala Sekolah di SD Cipta Kreativa 03, SD Tandang 04, SD Kanisius Lamper Tengah, SDN Tandang 02, SD Tandang 01, SD Sendangguwo 01, SD Sambiroto 01, dan SD Tandang 03 antara lain berupa: a) ada sebagian guru yang masih acuh pada program supervisi, b) masih ada sebagian guru yang berakting pada saat supervisi, c) ada sebagian guru yang belum siap dengan adanya supervisi.
- Isman. 942013110. Evaluation of Academic Supervision The Principal of Elementary School in Baskara Sumirat UPTD District Tembalang. Thesis. Graduate Programme. Salatiga Cristian University of Satya Wacana. 2014. The objectives of this research are to (1) describe the procedures for implementing the Academic Supervision Program Principal (2) To describe things as a barrier to the implementation of the Supervision Program Academic Principal at Baskoro group Sumirat UPTD District Tembalang. This type of research is a descriptive study with qualitative and quantitative data. Data was collected in trianggulasi.Analisis data is performed by using two techniques of analysis, quantitative analysis techniques and qualitative analysis techniques. Results are (1) The principal prepares instruments academic supervision. Academic supervision carried out at the end of each semester on a rotation and a sequence of sixth grade teacher to first grade teacher, then the teacher supervising the subject. steps begins with the manufacture insrumen, notification of information on all the teachers on the implementation of the previous 1 month supervision, scheduling, execution on each teacher with assessment instruments that have been dipersiapkan.Kepala schools meet the academic supervision of teachers in the implementation of at least 2 times in the first stage of supervision . (2) inhibiting factor in implementing Academic Supervision The Principal of Elementary School in SD Cipta Kreativa 03, SD Tandang 04, SD Kanisius Lamper Tengah, SDN Tandang 02, SD Tandang 01, SD Sendangguwo 01, SD Sambiroto 01, dan SD Tandang 03among others, : a) there are some teachers who are still unaware of the program supervision, b) there are some teachers who are acting at the time of supervision, c) there are some teachers who are not yet ready with supervision.