Perbedaan Hasil Belajar Kooperatif Tipe Example Non Example Berbantuan Media Gambar terhadap Siswa Kelas 5 SDN Bener 02 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang pada Mata Pelajaran IPA

Main Author: Lestari, Ina
Other Authors: Anugraheni, Indri
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15750
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas.
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example berbantuan media gambar dan penerapan model pembelajaran Konvensional terhadap siswa kelas 5 SD Negeri 02 dan 01 Bener. Subjek penelitian ini adalah kelas 5 SD Negeri 02 Bener sebagai kelomok eksperimen, dan kelas 5 SD Negeri 01 sebagai kelompok kontrol. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas model Example Non Example sebagai variabel bebas, hasil belajar sebagai variabel terikat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data hasil penelitian ini menggunakan teknik deskriptif dan teknik statistic T-Test. Berdasarkan uji kelompok eksperimen diperoleh nilai F sebesar 2.622 pada taraf probabilitas 0,000; oleh karena nilai probabilitas tersebut <0,05, maka H_0 ditolak dan H_α diterima. Artinya bahwa penerapan model Example Non Example berbantuan media gambar memberikan dampak yang lebih tinggi secara signifikan dibandingkan pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar IPA pada kelas 5. Perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan tersebut didukung oleh perbedaan rerata dua sampel penelitian, dimana rerata hasil belajar pada penerapan model pembelajaran Example Non Example sebesar 84.4545, sedangkan rerata hasil belajar pada penerapan model pembelajaran Konvensional 69.3667. Maknanya adalah bahwa perlakuan pembelajaran dengan model Example Non Example berbantuan media gambar memberikan dampak pada hasil belajar yang berbeda dan lebih tinggi dari pada model pembelajaran Konvensional. Saran yang penulis ajukan berkenaan dengan hasil penelitian ini adalah guru dapat memilih model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example berbantuan media gambar dalam pembelajaran IPA sebagai alternative untuk meningkatkan hasil belajar siswa.