Komparasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing dan Talking Stick Ditinjau dari Hasil Belajar IPS
Main Author: | Saputri, Zolandha Riana |
---|---|
Other Authors: | Mawardi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15744 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas.
- Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini berkaitan dengan keragu-raguan keefektifan model pembelajaran Snowball Throwing dan Talking Stick dalam pembelajaran IPS di SD. Untuk menjawab keragu-raguan tersebut, peneliti melakukan penelitian eksperimen keefektifan model Snowball Throwing dan model Talking Stick. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan model pembelajaran Talking Stick siswa kelas 4 SD. Penelitian ini dilakukan di SDN Randu, SDN 1 Candigatak, dan SDN Jelok. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Research dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas 4 SD dalam Gugus Diponegoro 2 dan sampelnya adalah siswa kelas 4 SDN 1 Candigatak, siswa kelas 4 SDN Jelok 1 dan siswa kelas 4 SDN Randu. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen lembar observasi dan instrumen tes. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji perbedaan skor hasil belajar siswa adalah uji anakova. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan yang signifikan model pembelajaran Snowball Throwing dan Talking Stick ditinjau dari hasil belajar IPS pada SD gugus Diponegoro 2. Hal tersebut dapat dibuktikan setelah dilakukan uji anakova diperoleh nilai probabilitas corrected model sebesar 0,000, intercept sebesar 0,000, pretest sebesar 0,000, dan model pembelajaran sebesar 0,007. Seluruh nilai probabilitas yang perolehan tersebut memiliki nilai signifikansi < 0.05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar menggunakan model Snowball Throwing dan model Talking Stick.