Penerapan Role Playing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Kelas 5 SD

Main Author: Sulistyorini, Endah
Other Authors: Kristin, Firosalia
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15739
Daftar Isi:
  • Tidak diizinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dikarenakan telah publikasi di Jurnal Pendidikan Dasar dan dapat diakses di http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/5340
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dengan rata-rata 57,95 dan hasil belajar siswa yaitu 13 siswa (65%) yang masih berada dibawah KKM (≥65). Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran role playing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus yang diawali dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik non tes dan tes menggunakan angket untuk mengumpulkan data motivasi belajar siswa dan menggunakan soal tes, lembar observasi sikap dan keterampilan untuk hasil belajar siswa. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi pada siklus I menunjukkan motivasi “Baik” (80%), pada siklus II menunjukkan motivasi “Sangat Baik” (75%). Hasil belajar siswa aspek kognitif pada siklus I kategori “Baik” nilai ketuntasan mencapai 50%, dan pada siklus II kategori “Baik” nilai ketuntasan mencapai 80%. Aspek psikomotorik pada siklus I nilai rata-rata 67,5 (cukup) dan pada siklus II nilai rata-rata 77,2 (cukup). Aspek afektif pada siklus I nilai rata-rata 61,4 (cukup) dan pada siklus II nilai rata-rata 67,6 (cukup). Model pembelajaran role playing dapat digunakan sebagai salah satu cara dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.