Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Main Author: Maharani, Bekti Yuni
Other Authors: Hardini, Agustina Tyas Asri
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
IPA
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15728
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah guru belum memberikan pengalaman langsung pada siswa, pembelajaran yang dilaksanakan masih didominasi dengan pemberian pengetahuan secara teoritis serta keterbatasan media yang disiapkan dalam proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa ramai sendiri, mengobrol dengan teman sebangku, mengantuk dan kurang tertarik dengan pembelajaran IPA. Selain itu siswa belum belajar secara aktif padahal hal tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar IPA dengan rata-rata kelas 69 dengan KKM 70. Dengan kondisi demikian, dilakukan upaya untuk memperbaiki pembelajaran IPA melalui penelitian yang berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret Di Kelas IV SD Negeri 3 Kemiriombo Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung Semester II Tahun Pelajaran 2017”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Kemiriombo Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, tindakan dan observasi serta refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 11 siswa. Pengumpulan data yang digunakan tes dan non tes. Analisis data deskriptif komparatif. Pembelajaran mengacu pada tahapan kegiatan pembelajaran model Discovery Learning yaitu (1) Stimulation/Pemberian Rangsangan, (2) Problem Statement/Identifikasi Masalah, (3) Data Collection/Pengumpulan Data (4) Data Processing/Pengolahan Data, (5) Verification/Pembuktian, (6) Generalization/Menarik Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dengan menerapakan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 3 Kemiriombo. Pada kondisi awal presentase ketuntasan hasil belajar siswa 55%, rata-rata kelas 69 dengan nilai tertinggi 76 dan nilai terendah 65. Siklus I, presentase ketuntasan 72%, rata-rata kelas 73 dengan nilai tertinggi 84 dan nilai terendah 64. Siklus II, presentase ketuntasan 90%, rata-rata kelas 75 dengan nilai tertinggi 84 dan nilai terendah 66. Dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 3 Kemiriombo Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung.