Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen Berbantuan Media Benda Konkret Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 04 Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017
Main Author: | Elmiana, Amal |
---|---|
Other Authors: | Suroso |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15721 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas.
- Penelitian dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah dengan tingkat ketuntasan belajar siswa baru mencapai 61.53%. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD Negeri Mangunsari 04 Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan menggunakan metode eksperimen berbantuan media benda konkret. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK adalah model spiral C. Kemmis dan Mc. Taggart, model ini terdapat 3 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan serta refleksi. Penelitian ini meliputi 2 siklus yaitu siklus I dilaksanakan dengan dua pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan dengan 2 pertemuan. Subyek penelitian ini adalah Siswa kelas 5 SD Negeri Mangunsari 04 Salatiga yang berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar mata pelajaran IPA yang telah dilakukan uji reliabilitas dan validitas. Tingkat reliabilitas butir soal sangat reliabel yang ditunjukkan oleh Alpha sebesar 0.81 dan tingkat validitas cukup yang ditunjukkan oleh corrected item-total correlation ≥ 0.68. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat peningkatan hasil belajar IPA dari kondisi awal ke siklus I sebesar 69.2% untuk ketuntasan belajar. Hasil serupa juga terjadi dari siklus I ke siklus 2 terdapat peningkatan dari 69.2% menjadi 92.3%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD Negeri Mangunsari 04 Salatiga tahun pelajaran 2016/2017 dengan menggunakan metode eksperimen berbantuan media benda konkret. Saran dalam penelitian ini diharapkan guru dapat menerapkan metode eksperimen berbantuan media benda konkret untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.