Peningkatan Hasil Belajar dan Kemandirian Siswa pada Mata Pelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Kelas 4
Main Author: | Dewi, Rusiana Kumala |
---|---|
Other Authors: | Kristin, Firosalia |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15703 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas.
- Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dengan rata – rata 62,70 dan ada 10 siswa (41,6%) yang masih berada dibawah KKM 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus yang diawali dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Pengumpulan data tes dan non tes. Teknik tes untuk mengumpulkan data hasil belajar dan teknik non tes dengan menggunakan angket untuk mengumpulkan data kemandirian siswa. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dan kemandirian. Pada siklus satu rata – rata hasil belajar 75,62 nilai ketuntasan mencapai 75%. Pada siklus 2 rata – rata hasil belajar meningkat menjadi 83,75, Nilai ketuntasan mencapai 91,6. Hasil kemandirian pada siklus 1 menunjuukan kemandirian “Cukup” (75%), pada siklus 2 menunjukkan kemandirian “Sangat Baik” (91,6%). Dari hasil penelitian tindakan kelas dapat diambil kesimpulan bahwa Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar dan kemandirian siswa pada mata pelajaran IPA.