Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Model Pembelajaran Make a Match pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Genengan Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Author: Yuliastuti, Devi
Other Authors: Koeswanti, Henny Dewi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15694
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas.
  • Hasil belajar siswa kelas V SD N 02 Genengan pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya masih rendah. Hal ini karena pembelajaran hanya berpusat pada guru, sehingga siswa pasif. Untuk mencapai hasil yang optimal, guru perlu menerapkan model pembelajaran yang membuat siswa aktif dalam pembelajaran. salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah make a match. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 02 Genengan dengan model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a match. Jenis penelitian ini menggunakan model Spiral dari Kemmis, S. Dan Mc. Taggart, R dengan prosedur penelitiannya masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 02 Genengan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif make a match. Hal ini nampak pada hasil belajar siswa yang mencapai nilai di atas KKM (70). Pra siklus sebesar 45% tuntas, siklus I sebesar 60% tuntas dan siklus II sebesar 85% tuntas. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru untuk mendesain kegiatan pembelajaran dengan memilih model pembelajaran kooperatif make a match dalam pembelajaran IPA dan melakukan pengukuran melalui penilaian proses belajar dan penilaian hasil belajar.