Penggunaan Question Card dalam Model Pembelajaran PBL dan Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika

Main Author: Wulansari
Other Authors: Setyaningtyas, Eunice Widyanti
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15691
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan media question card dalam model pembelajaran problem based learning (PBL) dan problem solving terhadap hasil belajar matematika. Arends (dalam Hosnan, 2014: 295) model problem based learning (PBL) adalah model pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran siswa pada masalah autentik, sedangkan Slameto (2015: 407), problem solving adalah mencari atau menemukan cara penyelesaian (menemukan pola, aturan, atau algoritma). Media question card/kartu pertanyaan adalah media pembelajaran berbentuk kartu dengan gambar yang menarik dan berisi soal atau masalah yang terjadi dalam kehidupan nyata. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain pretest posttest yang tak ekuivalen. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen menggunakan media question card dalam model pembelajaran problem based learning (PBL) dan VB sebagai kelas kontrol menggunakan media question card dalam model pembelajaran problem solving. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 46 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan teknik analisis data menggunakan uji t Independent Sample Test menggunakan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan media question card dalam model pembelajaran problem based learning (PBL) dan problem solving terhadap hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas signifikansi 0,042 yang artinya lebih kecil dari 0,05 (0,042 < 0,05).