Perbedaan Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Gugus Kanigoro Kecamatan Tingkir Salatiga Semester II

Main Author: Afriliani, Rifka
Other Authors: Anugraheni, Indri
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15665
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas.
  • Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar Matematika antara model pembelajaran problem based learning dan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Kanigoro Kecamatan Tingkir Salatiga semester II tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian ini menggunakan desain Non Equivalent Control Group Design. Pada penelitian ini kelompok eksperimen diperlakukan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Kemudian setelah diberikan perlakuan, diberikan posttest untuk mengetahui hasil belajar apakah terdapat perbedaan yang signifikan dalam pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dan pembelajaran Konvensional. Sampel yang dipilih adalah siswa SDN Gendongan 01 dan SDN Sidorejo Kidul 02 kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar matematika antara kelompok eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran problem based learning dan kelompok kontrol tanpa perlakuan, dapat ditunjukkan dari hasil signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan hasil perhitungan dari t_(hitung )= 4.492 > t_(tabel )= 2,000. Maka H_0 di tolak dan H_a diterima. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar Matematika yang signifikan pada siswa kelas V SDN Gendongan 01 dan SDN Sidorejo Kidul 02 dalam menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Konvensional. Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 82,93 dan 74,69 dengan perbedaan rata-rata sebesar 8,24.