Pengukuran Kinerja Menggunakan Empat Perspektif Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Perusahaan: Studi Pada PT. Cahaya Sakti Gemilang

Main Author: Suharto, Stevanus Wiryo
Other Authors: Nugroho, Paskah Ika
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Akuntansi FEB-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15658
Daftar Isi:
  • Pengukuran kinerja perusahaan menjadi sangat penting untuk mengetahui apakah strategi perusahaan berjalan dengan baik atau tidak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur skor menggunakan empat perspektif balanced scorecard sebagai alat pengukuran kinerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode balanced scorecard sebagai alat pengukuran kinerja perusahaan di PT Cahaya Sakti Gemilang. Tolak ukur yang digunakan dalam mengukur balanced scorecard, antara lain : perspektif keuangan (Return on Assets, Return on Equity, Current Ratio, Debt Ratio), perspektif pelanggan (Profitabilitas Pelanggan, Pertumbuhan Penjualan), perspektif proses bisnis internal (Inovasi, Operasi, Layanan Purna Jual), dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran (Program Pelatihan Karyawan, Produktivitas Karyawan, Sistem Informasi). Hasil penelitian menunjukkan tedapat beberapa penurunan kinerja perusahaan dalam perspektif finansial di tahun 2014, 2015, dan 2016. Namun dilihat dari perspektif non finansial, kinerja perusahaan sudah dikatakan cukup baik.
  • Measurement of company performance becomes very important to know whether the company's strategy is going well or not. The purpose of this study was to measure the score using four balanced scorecard perspectives as a means of measuring company performance. This research uses balanced scorecard method as a measurement tool of company performance in PT Cahaya Sakti Gemilang. The benchmarks used in measuring the balanced scorecard are financial perspective (Return on Assets, Return on Equity, Current Ratio, Debt Ratio), customer perspective (Profitability of Customers, Sales Growth), internal business process perspective (Innovation, Operation, Service After Sales), and growth and learning perspectives (Employee Training Program, Employee Productivity, Information System). The results show that there are some decreases in company performance in the financial perspective in 2014, 2015, and 2016. However, from a non-financial perspective, the company's performance has been quite good.