Upaya Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Membaca Permulaan Menggunakan Metode Struktur Analisis Sintesis (SAS)

Main Author: Matdyani, Soffy
Other Authors: Harjono, Nyoto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15635
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas.
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 1 Mojowetan masih menggunakan metode konvensional dimana pembelajaran berpusat pada guru. Guru menyajikan materi dengan penjelasan secara verbal, siswa hanya di fasilitasi buku teks, kemudian mengerjakan soal-soal yang terdapat dalam buku pegangan. Kondisi demikian membuat siswa kurang aktif dan tidak ada aktifitas siswa berkelompok sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui apakah metode pembelajaran StrukturAnalisisSintesis (SAS) dapat meningkatkan proses dan hasil matapelajaranBahasa Indonesia padasiswakelas 1 Semester II SDN 1 MojowetanTahunPelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian model spiral dari Jhon Eliot melalui 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 tahapyaitu tahap perencanaan tindakan tahap pelaksanaan tindakan dan observasi, serta tahap refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN 1 Mojowetan yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik tes non tes. Teknik tes berupa soal evaluasi yang dilaksanakan di akhir pembelajaran sedangkan teknik non tes berupa observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar Bahasa Indonesia. Hal ini ditunjukkan melalui hasil observasi siswa dengan presentase rata-rata skor aktivitas individu siswa meningkat dari kondisi prasiklus sebesar 67% dan meningkat menjadi 78% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 85% pada siklus II. Pada prasiklus nilai rata-rata ulangan harian Bahasa Indonesia siswa kelas 1 adalah 67,7% dengan ketuntasan 43,4%. Setelah diterapkan metode pembelajaran Strukutu Ananlisi Sintesis (SAS) rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesiasiklus 1 meningkat menjadi 78% dengan presentase ketuntasan 87%, setalah dilakukan perbaikan maka pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar Bhasa Indonesia yang diperoleh menjadi 85 dengan presentase ketuntasan mencapai 100% dari 36 siswa. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran StrukturAnalisisSintesis (SAS) dapat meningkatkan prosesd dan hasil belajar dan hasil belajar Bahasa Indoneisa siswa kelas 1 SDN 1 Mojowetan.