Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Think Pair Share (TPS) Berbantuan Video pada Siswa Kelas 4 SDN 05 Salatiga Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Author: Apsari, Ludri Arum
Other Authors: Relmasira, Stefanus Christian
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15633
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Univesitas.
  • Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti, ditemukan suatu masalah yang terjadi di SDN 05 Salatiga yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas 4 pada pelajaran IPS khususnya. Hal tersebut disebabkan kurangnya perhatian siswa selama pembelajaran yang disebabkan karena perbedaan karakter pada masing- masing siswa dan juga tentunya model pembelajaran yang membosankan sangat berpengaruh sehingga siswa kurang tertarik terhadap pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang rancangan penelitiannya mengacu pada model Kemmis dan Mc.Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus, pada setiap siklusnya dilaksanakan 3 kali pertemuan. Pada penelitian ini, data aktivitas guru dan siswa saat pembelajaran diperoleh peneliti melalui lembar observasi. Data hasil belajar siswa diperoleh dengan cara tes evaluasi. Data- data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik prosentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari siklus I ke siklus II. Untuk hasil belajar siswa dibuktikan bahwa tingkat ketuntasan sebelum tindakan 40,55 %, pada siklus I meningkat menjadi 67,6%, dan mencapai 91,9% pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan dengan video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN 05 Salatiga khususnya mata pelajaran IPS.