Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Menggunakan Model Team Games Tournament (TGT) dengan Media Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang)

Main Author: Naziah, Novi
Other Authors: Wuryani, Emy
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15630
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas. Karya tersebut dapat diakses http://callforpapers.uksw.edu/index.php/semnas_hardiknas.
  • Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesenjangan kondisi hasil belajar IPS siswa SDN Dadapayam 02 yang belum optimal dan belum memenuhi standar ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model TGT dengan media TTS. Jenis peneitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Dadapayam 02. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat, variabel bebas yakni model TGT dan media TTS, sedangkan variabel terikat yakni hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data mengggunakan teknik tes dan non tes berupa observasi. Teknik analisis menggunakan teknik deskriptif komparatif, yang teridiri dari persentase, skor maksimal, skor minimal dan standar devisiasi. Indikator kinerja untuk mengukur keberhasilan pengukuran penelitian ini adalah 75% dari jumlah siswa dengan KKM ≥65. Hasil yang diperoleh dari penelitain ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Dadapayam 02 Semester II Tahun Pelajaran 2016/1017. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari kondisi awal hanya 7 siswa yang memenuhi KKM (35%), setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 12 siswa (60%), dan pada siklus II jumlah siswa yang memenuhi KKM mencapai 17 siswa (85%). Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model TGT dengan media TTS dapat meningkatkan hasil belajar IPS SDN Dadapayam 02.