Upaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPA Kelas 5 Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SD Sidorejo Kidul 03 Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Author: Pamulang, Akbar Wijaya
Other Authors: Mawardi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15623
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas.
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya peningkatan penggunaan pembelajaran Problem Based Learning terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD Negeri Sidorejo Kidul 03 Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SDN Sidorejo Kidul 03 Salatiga. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dan tes. Data hasil observasi aktivitas guru dan siswa dianalisis dalam bentuk tabel. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan persentase ketuntasan belajar secara individu dan klasikal kemudian dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Hasil belajar yang diperoleh siswa kelas 5 SDN Sidorejo Kidul 03 Salatiga mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa pada evaluasi mengacu pada kriteria keberhasilan yang sudah ditentukan yaitu 70. Nilai rata-rata ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 77,8% pada mata pelajaran IPA, dengan rincian pra siklus ketuntasan 18,52 % dari 5 siswa yang mencapai keberhasilan dengan rata-rata 54,62, siklus I menjadi 59,26% dari 16 siswa yang mencapai keberhasilan dengan rata-rata 69,63 dan 77,8% pada siklus II dari 21 iswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata 82,6. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa mpembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)dapat meningkatkan hasil belajar siswa.