Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Pembelajaran Think Pairs Share (TPS) Berbantuan Media Benda Kongkrit Kelas IV

Main Author: Listiyani, Dwi
Other Authors: Slameto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15613
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas.
  • Latarbelakang masalah dalam penelitian ini adalah guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional, ceramah dan tanya jawab saat menyampaikan materi pembelajaran sehingga guru lebih aktif dibandingkan siswa masih pasif. Apabila permasalahan tidak segara diatasi akan berdampak pada hasil belajar siswa hingga kenaikan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA menggunakan metode pembelajaran ThinkPairs Share berbantuan media benda kongkrit. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Spiral Kemmis dan Robin Mc. Taggart. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri Lemahireng 03 dengan 33 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Instrumen penelitian berupa soal tes pilihan ganda, uraian, dan lembar pengamatan guru dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran Think Pirs Share (TPS) berbantuan media benda kongkrit. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata- rata klasikal siswa sebelum dilakukan tindakan 60,8. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I meningkat yaitu76,9 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 86,6. Ketuntasan hasil belajar siswa pada kondisi awal 42,2% setelah dilaksanakan tindakan siklus I meningkat menjadi 72,6% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 100%.