Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) dengan Teknik Gallery Walk pada Siswa Kelas V SD Kristen 04 Eben Haezer Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017
Main Author: | Kurniasari, Elisabet Febrian |
---|---|
Other Authors: | Setyaningtyas, Eunice Widyanti |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15601 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dikarenakan telah dipublikasikan pada Journal of Evaluation and Research in Education (JERE) Vol. 1 No. 2 Tahun 2017 dan dapat diakses http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JERE/index, ISSN: 25492675.
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Kristen 04 Eben Haezer Salatiga. Penelitian ini bertujuan agar meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan teknik Gallery Walk. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu ≥70. Hal ini dapat terlihat dari hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan, dari 25 siswa kelas Vhanya terdapat 11 siswa yang mencapai nilai KKM dengan presentase 44%. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus I menjadi 20 siswa yang mencapai nilai KKM dengan presentase 80%. Pada siklus II hasil belajar semakin meningkat, yang mencapai nilai KKM terdapat 25 siswa dengan presentase 100%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dengan teknik Gallery Walk dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS.