Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar PKN Melalui Metode Pembelajaran Take and Give pada Kelas IV
Main Author: | Rumpakha, Vidya |
---|---|
Other Authors: | Dwikurnaningsih, Yari |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15569 |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) materi pemerintahan pusat kelas IV semester 2 yaitu terdapat 14 dari 22 siswa yang nilainya tidak mencapai KKM ( ≥ 70). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dan hasil belajar PKn melalui metode pembelajaran Take and Give siswa kelas IV SDN 1 Buntu Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang prosedur penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahapan yaitu 1) Perencanaan tindakan; 2) Pelaksanaan tindakan dan Observasi; 3) Refleksi. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan non tes, dengan instrumen penelitian berupa butir soal dan lembar observasi yang dilengkapi dengan rubrik pengukuran keaktifan siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif yaitu teknik analisis yang membandingkan hasil belajar pra siklus, siklus I, dan siklus II. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa yaitu siklus I mengalami peningkatan hasil belajar dari rata-rata pra siklus 59,81 menjadi 68,04 (77,27%), tingkat keaktifan siswa menggunakan skala likert ini adalah 70,3 (aktif). Siklus II mengalami peningkatan hasil belajar dari rata-rata siklus I 68,04 menjadi 75,19 (86,36%), tingkat keaktifan siswa menggunakan skala likert ini adalah 78,3 (sangat aktif). Dari penelitian ini dapat disimpulkan dengan menerapkan model Take and Give secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa mata pelajaran PKn pada siswa kelas IV.