Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)
Main Author: | Ratnasari, Erna |
---|---|
Other Authors: | Soesilo, Tritjahjo Danny |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15557 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repository Perpustakaan Universitas.
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika dengan menerapkan model Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Pandanretno sebanyak 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Indikator keberhasilan penelitian ini apabila ketuntasan belajar siswa mencapai 80%. Penelitian terdiri dari siklus I dan siklus II dengan 2 kali pertemuan. Ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus adalah 21,7% siklus I menjadi 73,9% dan pada siklus II menjadi 100%. Dengan hasil tersebut penerapan model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika.