Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Tarubatang
Main Author: | Wuryanti, Sri |
---|---|
Other Authors: | Hardini, Agustina Tyas Asri |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15504 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas.
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran sehingga hasil belajar masih rendah, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, siswa masih asik atau sibuk dengan dirinya sendiri, siswa terlihat bosan dengan materi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang diperoleh 42,3% siswa kelas 5 SD Negeri 1 Tarubatang masih berada dibawah KKM. Dengan kondisi demikian, dilakukan upaya untuk memperbaiki proses dan hasil belajar IPA melalui penelitian yang berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tarubatang Kabupaten Boyolali Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas 5 di SD Negeri 1 Tarubatang Kecamatan Selo. Subyek penelitian berjumlah 22 siswa, instrument pengumpulan data terdiri dari : (1) skor penilaian aktivitas guru dari siklus I pertemuan I, II dan siklus II pertemuan I, II, (2) skor penilaian aktivitas siswa dari siklus I petemuan I, II dan Siklus II pertemuan I, II,(3) nilai tes evaluasi siklus I dan siklus II. Data yang dianalisis ialah peningkatan skor aktivitas guru dan siswa serta peningkatan nilai tes evaluasi siswa. Pemeblajaran mengacu pada tahapan kegiatan model Discovery learning yaitu (1) stimulus/pemberian rangsangan, (2) pernyataan/identifikasi masalah, (3) pengumpulan data, (4) pengolahan data,(5) pembuktian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas 5 SD Negeri 1 Tarubatang Semester II tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini terlihat dari ketuntasan hasil belajar siswa yang mulanya pada pra siklus sebesar 42,3%. Pada pembelajaran siklus I meningkat dengan tingkat ketuntasan sebesar 70%. Kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 95% dari keseluruhan siswa. Sehingga penerapan model pembelajaran Dicovery learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas 5 SD Negeri 1 Tarubatang Kecamatan Selo.