Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Matematika Realistik dengan Uang Kertas Mainan terhadap Siswa Kelas V SD Negeri Harjosari 02 Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Semester I Tahun Ajaran 2016/2017

Main Author: Manik, Lasmian Nugrawati
Other Authors: Susiyanto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15479
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repository Perpustakaan Universitas.
  • Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar Matematika kelas V SD Negeri Harjosari 02 Bawen. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus dilaksanakan pada kelas VB SDN Harjosari 02 Bawen dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Harjosari 02 Bawen dengan jumlah siswa 26 orang. Penelitian dilakukan pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Desain dari penelitian ini menggunakan model milik Kemmis dan Mc. Taggart yaitu perencanaan, pelaksanaan dan obsevasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan beberapa insrtumen seperti instrument lembar observasi guru, instrument lembar Tes Ahkir Siklus. Dari hasil yang diperoleh melalui tes yang diberikan kepada siswa, dengan menerapkan model Pembelajaran Matematika Realistik menimbulkan dampak positif bagi siswa kelas VB SD Negeri Harjosari 02. Hal tersebut terjadi karena pengajaran yang diberikan dikaitkan dengan kehidupan/ pengalaman siswa, dengan begitu sangat mudah mengarahkan siswa untuk membayangkan sesuatu yang dikehendaki guru. Dari hasil tiap siklus ada peningkatan, pada kondisi awal jumlah siswa tuntas sebesar 65% atau 17 siswa dan yang tidak tuntas sebesar 35% atau 9 siswa dengan nilai KKM 60. Pada siklus 1 jumlah siswa memperoleh ketuntasan sebesar 84.6% atau 22 siswa dan yang tidak tuntas sebesar 15.4% atau 4 siswa. Pada siklus 2 jumlah siswa yang memperoleh ketuntasan sebesar 100% atau 26 siswa. Dari hasil akhir pada siklus 2 dapat dikatakan bahwa pembelajaran Matematika Menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar matemaika dengan materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat terhadap siswa kelas V SD Negeri Harjosari 02 Bawen pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Dalam proses belajar menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik siswa harus mampu membayangkan sesuatu yang diharapkan oleh guru. Dengan begitu pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Bagi guru perlunya menyediakan media pembelajaran yang menarik agar siswa lebih semangat dan tidak merasa bosan. Bagi sekolahan perlunya melaksanakan penelitian lebih lanjut dan lebih luas sebagai penembangan dari penelitian ini.