Model Pengembangan Komponen Standar Perpustakaan Sekolah Di SMA Negeri 12 Semarang
Main Author: | Suparti |
---|---|
Other Authors: | Loekmono, J.T. Lobby |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Magister Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15472 |
Daftar Isi:
- Suparti. NPM: 942012083. Model Pengembangan Komponen Standar Perpustakaan Sekolah SMA Negeri 12 Semarang. Program Pascasarjana Magister Manajemen Pendidikan. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.Pembimbing Prof. J.T. Lobby Loekmono, Ph.D. Penggunaan sistem konvensional dalam pengelolaan perpustakaan sekolah cenderung membutuhkan waktu yang lama, bertele-tele dan tidak efektif. Diperlukan inovasi untuk mengembangkan komponen standar perpustakaan agar dapat berfungsi maksimal bagi pemakai. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat model pengembangan komponen standar perpustakaan sekolah di SMA Negeri 12 Semarang. Penelitian ini menggunakan desain research and development atau pengembangan dengan tahapan studi pendahuluan dan studi pengembangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan FGD. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah dihasilkan model pengembangan komponen standar perpustakaan yang diterapkan di SMA N 12 Semarang mencakup: (1) penambahan koleksi buku berasal dari hibah siswa; (2) melengkapi sarana dan prasarana dengan menambah fasilitas catridge printer Canon iP 2770 warna dan hitam; (3) mengoptimalkan layanan menggunakan aplikasi barcode untuk sirkulasi peminjaman dan pengembalian buku; (4) mengirimkan tenaga perpustakaan teknis mengikuti bintek/diklat perpustakaan; (5) pendanaan dengan mengajukan bantuan peminjaman buku kepada Perpusda Jateng (6) pengelolaan dan pengembangan dengan mengikuti lomba resensi buku, pemberian barcode pada koleksi serial dan inventarisasi secara otomasi. Diajukan saran untuk melaksanakan model pengembangan komponen standar perpustakaan sekolah agar memenuhi standar perpustakaan sekolah.
- Suparti. NPM: 942012083. Standard Parts Library School Development Model in SMA 12 Semarang. Education Management Program Postgraduate. Satya Wacana Christian University Salatiga. Advisor Prof. J.T. Lobby Loekmono, Ph.D. The use of conventional systems in the management of school libraries tend to take a long, rambling and ineffective. Innovation required to develop a library of standard components in order to function optimally for users. The purpose of this research is to create a model of the development of a standard component in the library school in SMA Negeri 12 Semarang.This study used a design research and development stage of preliminary studies and development studies. Data collection technique used observation and FGD. Data were analyzed using qualitative descriptive.The results of this study were generated model of the development of a library of standard components applied in SMAN 12 Semarang include: (1) the addition of a collection of books comes from student grants; (2) complete the infrastructure by adding facilities Canon iP 2770 printer cartridge and black colors; (3) optimize the service using barcode applications for circulation borrowing and returning books; (4) technical library sends power to follow the technical guidance / training library; (5) Funding by submitting lending assistance to Central Java Perpusda and (6) the management and development according to the book review contest, giving the barcode on serial collection and automated inventory. Submitted suggestions to improve the technical competence of personnel, especially in the field of school library services digital library automation.