Supervisi Akademik Kunjungan Kelas oleh Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru di SD Negeri Langensari 04 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan (1) Perencanaan supervisi akademik kunjungan kelas oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di SDN Langensari 04 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. (2) Pelaksanaan supervisi akademik kunjungan kelas oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di SDN Langensari 04 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. (3) Evaluasi supervisi akademik kunjungan kelas oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di SDN Langensari 04 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Jenis Penelitian ini penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil Penelitian ini adalah (1) Perencanaan supervisi akademik kunjungan kelas dilakukan dengan pra observasi, observasi dalam pelaksanaan PBM, analisis hasil observasi, mengolah hasil observasi, melakukan umpan balik hasil observasi, menyusun program tindak lanjut dan melaksanakan program tindak lanjut.; (2) Pelaksanaan supervisi akademik kunjungan kelas oleh kepala sekolah disusun berdasarkan langkah-langkah yaitu tahap pertemuan awal (menganalisis rencana pembelajaran, menetapkan aspek yang akan diamati dalam pembelajaran), tahap pengamatan (mencatat secara obyektif dan selektif RPP dan peristiwa selama pembelajaran), dan tahap pertemuan balikan (menganalisis hasil observasi bersama guru, menginterprestasi hasil analisa, menetapkan aspek-aspek yang harus dilakukan untuk membantu meningkatkan RPP dan perilaku guru dalam pembelajaran); dan 3) Evaluasi supervisi akademik kunjungan kelas oleh Kepala Sekolah untuk meningkatkan kinerja guru adalah penyusunan Silabus dan RPP yang belum sesuai standar yang sudah ditetapkan, pembelajaran masih bersifat konvensional, dan pembelajaran yang dilakukan guru belum menggunakan alat peraga. Tindak lanjut yang dilakukan kepala sekolah dengan hasil supervisi yang didapat bahwa kepala sekolah akan memberikan pembinaan kepada guru secara periodik untuk meningkatkan kinerjanya.