Penerapan Pendekatan Saintifik Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menalar dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Salatiga 05 Tahun Pelajaran 2016/2017
Main Author: | Tanggara, Robbi |
---|---|
Other Authors: | Mawardi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15435 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kesempatan siswa memahami pembelajaran akibat dominasi guru dalam pembelajaran sehingga kemampuan menalar dan hasil belajar kurang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menalar dan hasil belajar siswa kelas V dengan menggunakan model Discovery Learning di SDN Salatiga 05. Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilaksanakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V sejumlah 37 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Discovery Learning sedangkan variabel terikat kemampuan menalar dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data adalah dengan teknik tes. Teknik analisis menggunakan statistik perbandingan sederhana, persentase, nilai maksimal, minimal dan rata-rata. Indikator kinerja untuk mengukur keberhasilan penelitian ini apabila 75% dari seluruh siswa mencapai KKM > 70 dan kemampuan menalar siswa mencapai 75% dari seluruh siswa dalam kategori baik. Hasil penelitiannya terdapat peningkatan kemampuan menalar dan hasil belajar. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan kemampuan menalar siswa dari kondisi awal rata-rata 29,7 menjadi 38,32 pada siklus I. sementara dari siklus I rata-rata 38,32 menjadi 48,81. Sementara hasil belajar siswa dari pra siklus sebanyak 14 tuntas (37,84%) menjadi 20 tuntas (54,19%) pada siklus I. Sementara dari siklus I sebanyak 20 (54,19%) tuntas menjadi 33 tuntas (89,19%). Kesimpulannya bahwa penggunaan Model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan menalar dan hasil belajar siswa kelas V SDN Salatiga 05 tahun pelajaran 2016/2017.