Evaluasi Pelaksanaan Program Sertifikasi Guru Sekolah Dasar Kabupaten Wonosobo
Main Author: | Sadewo, Yosua Damas |
---|---|
Other Authors: | Slameto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Magister Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15417 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari peneletian ini untuk mengevaluasi proses program sertifikasi guru yang dijalankan di Kabupaten Wonosobo, mengevaluasi hasil program sertifikasi pada guru sekolah dasar di Kabupaten Wonosobo, serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi program sertifikasi guru sekolah dasar di Kabupaten Wonosobo. Metode yang digunakan dalam peneletian ini adalah metode GAP analisis atau analisis kesenjangan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan kuesioner kepada beberapa responden yang terkait dalam penelitian ini yakni beberapa guru SDN dan Kepala Sekolah SDN di Kabupaten Wonosobo. Kuesioner disebar kepada responden yakni guru-guru SDN di Kabupaten Wonosobo yang telah tersertifikasi. Sebelum kuesioner digunakan, kuesioner divalidasi dengan diujicobakan dan diuji validitas serta reliabilitas agar memperoleh instrument yang valid. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan evaluasi GAP untuk mengevaluasi proses, hasil dan faktor-faktor yang mempengaruhi program sertifikasi guru di Kabupaten Wonosobo, maka dapat disimpulkan bahwa proses pelaksanaan program sertifikasi yang dilaksanakan sudah sesuai dengan acuan dalam pedoman namun hasil dari pelaksanaan program sertifikasi belum memenuhi standar. Hal ini menunjukkan bahwa hasil program sertifikasi, melaui analisis gap menunjukkan adanya kesenjagan dengan rata-rata prosentase sebesar 80% dari keseluruhan aspek yang dikaji.
- The purpose of this research are to evaluate teacher certification program proses, certification program result on teachers elementary, and what factors are connected with the teacher certification program in Wonosobo. The method that used in this research is GAP analysis. The data collection is collected by interviewing elementary school teachers and elementary school headmaster that had been certificated in the Wonosobo. In addition, the data collection is collected by giving questionnaire to the respondent. The respondent is the certificated elementary school teachers in Wonosobo. The questionnaire must be validated by validation test and tryout before used. The result of this research is point out the teacher certification program successfully implemented in Wonosobo, although there are some influence factors in the process of teacher certification program. The influence factor is teachers capability when they commit their teaching obligation, it happens because there has been no an evaluator program of certificated teacher and there has been no sanctions. Therefore, the evaluator program is desperately needed to improve the impact that is obstructing the purpose of teacher certification program. The purpose of teacher certification program is improving education quality.