Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Pendekatan Inkuiri Tipe Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sidorejo Lor 07 Kota Salatiga Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017
Main Author: | Tin, Nur Khalifah |
---|---|
Other Authors: | Koeswanti, Henny Dewi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15415 |
Daftar Isi:
- Pembelajaran IPA di kelas IV SDN Sidorejo Lor 07 terdapat beberapa kekurangan. Hal tersebut disebabkan pembelajaran IPA hanya menerangkan materi yang ada dalam buku paket dan contoh-contoh lain yang belum terdapat dalam buku, kemudian siswa diminta untuk mengerjakan soal latihan yang ada sebagai evaluasi pembelajaran. Pembelajaran yang terjadi belum memfasilitasi peserta didik yang sebagian besar termasuk siswa yang aktif. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa hanya mencapai presentase ketuntasan sebesar 47%. Berdasarkan persoalan tersebut, maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan pendekatan inkuiri dengan langkah-langkah (1) Merumuskan pertanyaan atau masalah, (2) merumuskan hipotesis, (3) mengumpulkan data, (4) menguji hipotesis dan (5) kesimpulan. Hasil belajar kognitif presentase ketuntasan tahap pra siklus sebesar 47% meningkat menjadi 77,3% pada siklus I dan meningkat menjadi 84% pada siklus II. Ranah afektif juga mengalami peningkatan, pada tahap pra siklus sikap siswa selama proses pembelajaran masih rendah, pada siklus I sikap siswa selama proses pembelajaran meningkat, meskipun masih terdapat beberapa siswa yang bersikap tidak baik selama proses pembelajaran, pada siklus II sikap siswa selama proses pembelajaran juga mengalami peningkatan, meskipun masih terdapat beberapa siswa yang bersikap kurang baik namun, jumlahnya lebih sedikit dari pada siklus I. Pada tahap psikomotorik semua siswa telah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menerapakan langkah-langkah kegiatan inkuiri terbimbing, semua siswa menggambar bentuk daun dan bunga yang diberikan dalam lembar kerja yang disediakan, meskipun tidak semua siswa hasil gambarnya bagus.Berdasarkan hasil tersebut pendekatan inkuiri terbimbing terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.