Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Media Nyata Siswa Kelas 5 SD Negeri 2 Sidorejo Temanggung Tahun Pelajaran 2016/2017
Main Author: | Arumsari, Janitra Alana |
---|---|
Other Authors: | Mawardi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15413 |
Daftar Isi:
- Penelitian dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah dengan tingkat ketuntasan belajar siswa baru mencapai 53,3 %. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas 5 SD Negeri 2 Sidorejo Temanggung Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan Model Kemmis dan Taggart dimana dalam model ini terdapat empat tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini meliputi 2 siklus yaitu Siklus I dilaksanakan dengan dua pertemuan dan Siklus II dilaksanakan dengan 2 pertemuan. Subyek penelitian ini melibatkan siswa kelas 5 SDN 2 Sidorejo yang berjumlah 30 siswa.Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar mata pelajaran IPA yang telah dilakukan uji reliabilitas dan validitasnya. Hasilnya menunjukkan tingkat reliabilitas Alpha sebesar 0,87, dan tingkat validitas corrected item – total correlation ≥ 0,30. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh data peningkatan hasil belajar dari kondisi awal ke Siklus I sebesar 66,7 % untuk ketuntasan belajar. Hasil serupa juga terjadi dari Siklus I ke Siklus II terdapat peningkatan menjadi 83,3%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika bagi siswa kelas 5 SDN 2 Sidorejo Temanggung Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation berbantuan media nyata.Saran dalam penelitian ini diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran Group Investigation berbantu media nyata untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.