Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas V SD Negeri Ngemplak 01 Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017
Main Author: | Setyarieni, Galuh |
---|---|
Other Authors: | Hardini, Agustina Tyas Asri |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15410 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan sebagai upaya perbaikan proses pembelajaran dari hasil belajar yang belum optimal pada siswa kelas V SD Negeri Ngemplak 01 Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung semester I tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar IPS dapat diupayakan melalui pendekatan pembelajaran inkuiri siswa kelas V SD Negeri Ngemplak 01 Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung semester I tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yaitu 1) perencanaan tindakan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action) dan observasi (observation), dan 3) refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Ngemplak 01 Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung yang terdiri dari 15 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas pendekatan pembelajaran inkuiri dan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif yang berupa persentase dari hasil belajar IPS berdasarkan ketuntasan, skor maksimal, skor minimal dan skor rata-rata. Peningkatan hasil belajar IPS materi kenampakan alam dan buatan dapat diupayakan melalui pendekatan pembelajaran inkuiri siswa kelas V SD Negeri Ngemplak 01 Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung semester 1 tahun pelajaran 2016/2017 terbukti. Hal ini ditunjukkan oleh kenaikan hasil belajar IPS berdasarkan ketuntasan pra siklus Hal ini dapat ditunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS materi kenampakan alam dan buatan siswa antara pra siklus, siklus I, dan siklus II berdasarkan 1) Ketuntasan 20% : 66% : 93,2%; 2) Skor rata-rata 55 : 70 : 77; 3) Skor maksimal 78 : 86 : 90; 4) Skor minimal 40 : 58 :60. Penelitian ini dikatakan berhasil karena telah mencapai indikator kinerja yaitu 93,2% ≥ 80% dari seluruh siswa tuntas dengan KKM ≥ 65. Disarankan agar guru memiliki inovasi dan kreativitas untuk merubah paradigm pendidikan melalui pendekatan pembelajaran inkuiri, dan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk penelitian lebih lanjut.