Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give Pada Siswa Sekolah Dasar

Main Author: Setiyawan, Hari
Other Authors: Yunianta, Tri Nova Hasti
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15387
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dikarenakan telah dipublikasikan di Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 4 No. 2 Periode Bulan September 2018, ISSN 2540-9093, E-ISSN 2503-0558.
  • Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Rendahnya hasil belajar siswa tidak terlepas dari minimya keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Take And Give (TAG) di SD Negeri Mangunsari 07 Sidomukti Salatiga pada semester II tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri atas dua siklus dengan dua pertemuan pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri Mangunsari 07 Sidomukti Salatiga yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan observasi. Hasil tes dianalisis dengan deskripsi kuantitatif, sedangkan hasil observasi dianalisis dengan deskripsi kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Take And Give (TAG) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 di SD Negeri Mangunsari 07 Sidomukti Salatiga. Hasil tes evaluasi siswa mengalami peningkatan, dari semula nilai prasiklus hanya 6 siswa yang telah mencapai KKM dengan rata-rata kelas 25%. Pada siklus I meningkat menjadi 13 siswa yang mencapai KKM, dengan nilai rata–rata kelas 68,54, sedangkan persentase ketuntasannya mencapai 54,2%. Siklus II meningkat menjadi 22 siswa yang mencapai KKM, dengan nilai rata–rata kelas 77,9, dan persentase ketuntasannya adalah 91,7%.