Penerapan Metode Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Realia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Sekolah Dasar
Main Author: | Nurfithasari, Indah |
---|---|
Other Authors: | Slameto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15384 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas.
- Latar belakang masalah penelitian adalah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran matematika berupa tugas dan ceramah, mengakibatkan siswa kurang antusias dalam pembelajaran. Selain itu siswa cenderung takut dan tidak berani mengemukakan pendapatnya, menyebabkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas IV SD Negeri Duren 01 tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dan mendeskripsikan langkah-langkah metode PBL berbantu media realia. Jenis penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Duren 01 sebanyak 24 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan non tes berupa lembar pengamatan dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan metode PBL berbantu media realia. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dilihat dari rata-rata klasikal, sebelum dilakukan tindakan adalah 21,4% yaitu kategori “rendah”, setelah diadakan siklus I meningkat menjadi 61,7% dalam kategori ”tinggi”, dan siklus II meningkat menjadi 81,3% dalam kategori “sangat tinggi”. Langkah-langkah metode PBL berbantu media realia disesuaikan standar proses serta menggunakan tahapan saintifik dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Saran dalam penelitian diharapkan guru dapat menerapkan metode PBL berbantu media realia dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa sehingga siswa dapat mengoptimalkan kemampuan berpikirnya, menambah karya di perpustakaan sekolah, dapat melengkapi kelemahan sebelumnya dan menemukan hal baru yaitu penerapan PBL berbantu media realia yang berbasis EEK namun dipadukan dengan 6 tahapan saintifik: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, mengkomunikasikan, dan mencipta.